Search

Djarot: Pemindahan Ibukota Hanya Buang Energi

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebut wacana pemindahan ibukota selama ini hanya buang energi.

Selain menimbulkan kegaduhan di masyarakat memindahkan ibukota bukan hal yang sederhana mengingat geografis Indonesia adalah negara kepulauan.

"Daripada kita buang buang energi, buang-buang perkataan, gaduh untuk pindah. Ada yang di Kalimantan Timur, kek, Kalimantan Tengah kek, Sulawesi Selatan kek. Makanya kenapa kemarin kebetulan bertemu dengan Presiden, saya sampaikan. Saya belum yakin terus terang saja," kata Djarot di Balai Kota, Senin (31/7/2017)..

Daripada itu, Djarot optimis pembangunan Jakarta sekarang semakin menunjukkan pergeseran transportasi dari pribadi ke umum atau massal.

"Memang masih macet tapi coba kita lihat kalau program ini tetep berlanjut, program pembenahan transportasi publik, secara mendasar di lakukan di Jakarta. Dan ini sudah dimulai kemudian baru mencapai 50-60 persen ini diteruskan maka Jakarta akan sangat berkurang tingkat kemacetannya," ungkapnya.

Djarot menambahkan integrasi sistem transportasi juga tengah dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Hal ini guna memudahkan masyarakat menggunakan transportasi umum. Diharapkan denga kemudahan tersebut, masyarakat beralih dari menggunakan kendaraan pribadi.

Rencana pemberlakuan jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) di beberapa jalan protokol di ibukota juga diyakini akan mengurangi tingkat kepadatan kendaraan.

"Yang kedua, untuk di Jakarta perlu ada jalan berbayar, ERP untuk urai kemacetan. Yang ketiga, integrasi antar sistem transportasi dilakukan, itu perintah presiden, baik itu antara commuter line, Transjakarta , LRT, MRT," tandas Djarot.

Sebelumnya pada puncak perayaan Lebaran Betawi, Minggu (30/7/2017), Djarot menyampaikan ketidaketujuannya terhadap wacana pemindahan ibukota ke Preisden Joko Widodo.

Pemerintah Joko Widodo memang mewacanakan pemindahan ibukota, daerah yang disebut-sebut sebagai kandidat ibukota negara selanjutnya adalah kota Palangkaraya.[jat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Djarot: Pemindahan Ibukota Hanya Buang Energi : http://ini.la/2394636

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Djarot: Pemindahan Ibukota Hanya Buang Energi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.