Search

Koridor 13 Lebih Efektif Untuk Kendaraan Pribadi

INILAHCOM, Jakarta - Transjakarta koridor 13 (Tendean-Ciledug) bakal diuji kelayakannya Kamis (20/7). Namun, rencana pengoperasian jalur layang sepanjang 9,3 kilometer tersebut dinilai lebih efektif jika digunakan untuk kendaraan pribadi.

"Lebih efektif kendaraan pribadi yang melintas di koridor 13 untuk mengurai kemacetan ketimbang memaksakan untuk bus dengan tiga halte yang pasti sepi penumpang," kata Direktur Institut Studi Transportasi (Instrans), Dharmanigtyas, Rabu (19/7/2017).

Dengan ketinggian yang hampir mencapai 20 meter lebih, kata Tyas, fasilitas-fasilitas penunjang operasional bus harus disediakan. Baik itu lift, esklator ataupun keamanan halte dan jalur. Tentu bakal menambah biaya dan waktu.

"Koridor 13 disfungsi kalau cuma tiga halte. Memang bisa angkut berapa orang si satu halte. Jadi mending dibalik aja, jalur bawah khususkan untuk bus," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Budi Kaliwono menyatakan koridor 13 siap beroperasi pada 17 Agustus dengan tiga halte, yakni Halte Tendean Halte Tirtayasa dan Halte Adam Malik.

Selain itu, lanjut Budi, aat operasional terbatas pada 17 Agustus 2017 mendatang, bus TransJakarta koridor 13 hanya akan melintas pada pukul 05.00 - 19.00 WIB. Sebab, lampu penerangan jalan yang dipasang oleh Dinas Perindustrian dan Energi belum maksimal.[jat]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Koridor 13 Lebih Efektif Untuk Kendaraan Pribadi : http://ini.la/2392180

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Koridor 13 Lebih Efektif Untuk Kendaraan Pribadi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.