Search

Cyber Crime Tiongkok, Polisi Yakin Ada Peran WNI

INILAHCOM, Jakarta - Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Didik Sugiarto mengatakan pihaknya menduga kuat adanya peran WNI dalam kasus Cyber Crime yang dilakukan WN Tiongkok di Indonesia.

"Tentunya keberadaan WNA melakukan kejahatan online fraud di Indonesia dugaan kita ada peran daripada WNI yang menyediakan tempat, fasilitas dan mungkin peran- lainnya sehingga kejahatan ini bisa berlangsung di Indonesia walaupun korbannya dari negara China ataupun negara-negara lain," katanya di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Di sisi lain ia mengaku polisi akan tetap menjalin kerjasama dengan kepolisian luar negeri untuk mengantisipasi atau menindak kasus serupa atau jenis lainnya yang dilakukan WNA di Indonesia.

"Kita terus melakukan penyelidikan, kita lakukan koordinasi terus dengan kepolisian-kepolisian negara lain, tetangga kemungkinan ada sindikat-sindikat lain yang melakukan kejahatan semacam ini atau kejahatan-kejahatan lainnya di Indonesia," ulasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Didik Sugiarto mengatakan pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap 5 WNI yang terlibat Cyber Crime yang dilakukan 148 WN Tiongkok di Indonesia.

"Saat ini masih proses dan kita mintai keterangan sebagai saksi di pihak direktorat kriminal umum saat ini sedang berjalan kita lihat nanti," katanya di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Diketahui, aparat gabungan dari Polri dan Polisi Tiongkok menangkap 148 warga Cina dan 5 warga Indonesia dalam kasus kejahatan siber.

Para pelaku itu ditangkap di wilayah Jakarta, Surabaya dan Bali pada Sabtu, 29 Juli 2017. Ua menjelaskan, dari kejahatan yang dilakukan para pelaku, semua korbannya merupakan warga Cina.

"Jadi ini pelaku dari Tiongkok dan korbannya juga dari Tiongkok. Kebetulan tempat lokasi di Indonesia. Mereka memilih Indonesia karena wilayahnya luas. Garis pantainya panjang. Jadi kererangannya susah untuk dideteksi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (31/7/2017). [rok]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Cyber Crime Tiongkok, Polisi Yakin Ada Peran WNI : http://ini.la/2395446

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cyber Crime Tiongkok, Polisi Yakin Ada Peran WNI"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.