Search

Sandi Diperiksa Seputar Riwayat Jadi Pengusaha

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Gunernur DKI Jakarta Sandiaga Uno selesai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Selasa (30/1/2018).

Sandi diperiksa hampir empat jam sebagai saksi kasus dugaan penggelapan tanah yang menjerat rekan bisnisnya Andreas Tjahjadi sebagai tersangka. Usai pemeriksaan Sandi mengaku ditanya seputar riwayat hidupnya sebagai pengusaha.

"Jadi pembahasannya tentang masa-masa sekolah. Masa-masa SMA dan juga riwayat hidup bagaimna saya memulai usaha dan jatuh bangun sebagai pengusaha juga ditanyakan detail. Juga didalami mengenai transformasi menjadi pengusaha. Dulu kan saya karyawan, terus sempat di PHK, Alhamdulillah jadi pengusaha di waktu krisis. Itu didalami selama dua jam sendiri berbicara mengenai riwayat hidup," katanya.

Sementara itu, enam pertanyaan lainnya adalah soal tugas dan posisi sebagai pemegang saham dan komisaris utama PT JapJapirex. Perusahaan tersebut membidangi ekspor kerajinan rotan. Karena kebijakan pemerintah yang berubah-ubah mengenai rotan dan prospek bisnis yang sudah tidak bagus sehingga diputuskan untuk tidak dilanjutkan operasinya dan dilikuidasi 2009.

"Seputar itu dan semuanya sudah dijawab," akunya.

Sandiaga kembali membantah dirinya terlibat dalam perkara penipuan penggelapan tanah ini. Ia juga mengaku sudah melapor ke Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Saya tidak terlibat dan saya khusnuzon, bahwa ini adalah proses yang harus kita dukung. Udah saya laporkan juga ke pimpinan juga pada pak Prabowo kemarin, semuanya sangat kooperatif berarti sangat clear. Ini masalah yang sangat nyata dan ada unsur perdata, kebetulan ada gugatan perdata yang sedang berlangsung," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya akan memerikasa Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Selasa (30/1/2018).

Sandi akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan penggelapan tanah yang menjerat rekan bisnisnya Andreas Tjahjadi sebagai tersangka.

Diketahui, pemeriksaan terkait pelaporan yang dilakukan Djoni Hidajat atas kasus dugaan penipuan, penggelapan, dan pencucian uang ke Polda Metro Jaya, tersangka Andreas Cahyadi menyebut nama Sandiaga terkait kasus tersebut.

Djoni Hidajat sebagai rekan bisnis Sandiaga, melaporkannya Andreas atas dugaan penggelapan tanah, terkait pelepasan aset PT Japirex, perusahaan yang bergerak di bidang rotan.

Saat itu Sandiaga menjabat sebagai Komisaris Utama. Sedangkan rekan bisnisnya, Andreas Tjahjadi, sebagai Direktur Utama PT Japirex.

Lalu, pada 1992, perusahaan tersebut dilikuidasi. Aset-asetnya pun terpaksa dijual. Sedangkan Djoni Hidajat mengklaim lahan yang dijual itu adalah miliknya. Atas kejadian penjualan aset itu. Djoni melaporkan Andreas dan Sandiaga atas dugaan penggelapan tanah. [ton]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Sandi Diperiksa Seputar Riwayat Jadi Pengusaha : http://ift.tt/2ntdLJ8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sandi Diperiksa Seputar Riwayat Jadi Pengusaha"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.