Search

KLHK Merdekakan Ciliwung dari Limbah dan Sampah

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan kegiatan Arung Sungai Ciliwung, pada Minggu (3/9/2017). Sekitar 150 peserta terdiri dari pelajar, komunitas pecinta alam, swasta, dan masyarakat yang ikut dalam kegiatan ini tidak hanya diajak menyusuri Sungai Ciliwung, namun juga ikut membersihkan sampah.

Tidak ketinggalan, Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK MR Karliansyah, beserta Direktur Pengurangan Risiko Bencana BNPB, Lilik Kurniawan, Direktur Pengendalian Pencemaran Air, Sekretaris Direktorat Jenderal PPKL, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, serta Pimpinan perusahaan pendukung kegiatan melalui CSR, juga ikut mengarungi Sungai Ciliwung, dimulai dari ruas sungai di bawah jembatan Juanda Cijago, Kota Depok dan berakhir di dermaga Ekoriparian Ciliwung Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Karliansyah menyampaikan, program ini dapat direplikasi di beberapa segmen Sungai Ciliwung, dan sungai-sungai lainnya seperti di Citarum dan Sungai Asahan Toba. "Ekowisata sungai seperti Ekoriparian Ciliwung Srengseng Sawah tidak hanya menjadi sarana wisata saja, tetapi juga sarat akan edukasi perbaikan kualitas air, sehingga sungai-sungai di Indonesia dapat segera pulih kembali fungsinya sebagai fungsi ekologi, ekonomi, dan sosial," tutur Karliansyah.

Ia juga menjelaskan, manfaat dari program Ekoriparian Ciliwung Srengseng Sawah kini mulai terasa. Salah satunya yaitu, dengan membaiknya kualitas air di kawasan segmen tersebut, dimana tahun sebelumnya memiliki kondisi cemar berat, saat ini menjadi cemar ringan. [*]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan KLHK Merdekakan Ciliwung dari Limbah dan Sampah : http://ini.la/2402333

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KLHK Merdekakan Ciliwung dari Limbah dan Sampah"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.