Search

Komplotan Pembobol Pegadaian Dibekuk, 1 Tewas

INILAHCOM, Jakarta - Polisi meringkus komplotan spesialis pembobol kantor pegadaian yang beroperasi di Jabodetabek. Hal ini diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

"Dalam kasus ini polisi mengamankan pelaku berinisial I alias K (39), D alias P (38), AS alias A dan R (38)," katanya di Mapolda Metro Jaya, Jumat (25/5/2018).

Ia menjelaskan, para pelaku telah beraksi beberapa kali dari Februari hingga April 2018. Beberapa lokasi yang telah disasar pelaku yaitu kantor pegadaian di daerah Jati Makmur, Pondok Gede, Kota Bekasi, perusahaan gadai di daerah Kampung Cilodong, Depok.

"Selain itu ada perusahaan gadai di daerah Jalan Meruyung, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran, Kota Depok," bebernya.

Argo menjelaskan, para pelaku merupakan komplotan yang selalu membagi peran saat beraksi. Di mana ada yang berperan memetakan lokasi target, menyiapkan kontrakan untuk akses pembobolan tembok, membobol tembok dan merusak teralis atau besi pengaman, memantau situasi dari luar TKP, serta yang menjual hasil kejahatan ke penadah.

"Komplotan ini dilengkapi dengan peralatan yang sangat lengkap, sehingga tidak mengalami kesulitan setiap melaksanakan aksinya," ujarnya.

Menurutnya, komplotan ini sebelum melaksanakan aksinya selalu mencari lokasi perusahaan gadai yang di sebelahnya merupakan ruko atau toko yang sedang dikontrakkan.

"Kemudian setelah mengontrak ruko atau toko tersebut, komplotan ini memilih akhir pekan untuk aksinya, karena karyawan dan penjaga di perusahaan gadai tersebut libur. Ketika sudah bisa menjebol tembok dan besi teralis pengaman, serta memasuki perusahaan pegadaian, para pelaku langsung menguras habis barang-barang berharga seluruh isi pusat gadai tersebut," jelasnya.

"Selama beraksi, komplotan ini berhasil menggasak barang-barang elektronik dan uang tunai dari pegadai, dengan total kerugian mencapai Rp 1,9 miliar," sambungnya.

Ia menjelaskan, dalam pengembangan kasus, salah pelaku yang berinsial R (38) berusaha melawan petugas dan terpaksa ditembak dan meninggal kehabisan darah.

"Salah satu pelaku R dalam pengembangan berupaya melawan karena itu dilakukan tindakan tegas terukur. Tersangka meninggal dalam perjalanan ke Rumah Sakit," bebernya.

Dalam penangkapan, polisi juga menyita barang bukti seperti satu pucuk senjata api rakitan, 10 buat peluru kaliber 9 mm, lima buah tabung oksigen, satu buah tabung gas elpiji, 10 buah obeng panjang, satu buah tangga almunium. Kemudian satu buah tangga tali, dua buah mesin bor, delapan buah linggis besi, satu buah gergaji kayu, dua buah mata las berikut selang, satu buah golok, 10 buah mata anak bor, bongkahan besi brankas, 16 unit unit handphone, dan dua unit laptop.

"Para tersangka diancam dengan pidana sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat 2 KUHP dengan hukuman penjara paling lama sembilan tahun," pungkasnya. [ton]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Komplotan Pembobol Pegadaian Dibekuk, 1 Tewas : https://ift.tt/2KU4ynk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Komplotan Pembobol Pegadaian Dibekuk, 1 Tewas"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.