Search

Atasi Sampah, Anies Gandeng Bodetabekjur

INILAHCOM, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan daerah penyangga seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Bodetabekjur). Kerjasama ini dalam bentuk pembangunan limbah sampah dan integrasi infrastruktur.

Penandatangan kerjasama ini digelar di Balai Kota, Jakarta, pada Kamis (20/12/2018). Kerjasama ini akan dimulai tahun 2019.

"Kemarin kami menyepakati perjanjian kerja sama Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cianjur tentang ketahanan pangan, transportasi dan penyediaan air bersih," ucap Anies dikuti dari akun Instagram-nya, Jumat (21/12/2018).

Anies kemudian menjelaskan poin-poin kerjasama yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dengan daerah penyangga. Pertama, soal pembangunan bendungan sampah agar sampah yang masuk ke Jakarta bisa dibendung sebelumnya.

"Soal pembangunan dan fasilitas jaring-jaring atau bendungan sampah (trash rack). Sehingga sampah yang mengalir ke sungai dapat dibendung sebelum masuk ke Jakarta," ucap Anies.

Kerjasama kedua yakni dalam bentuk pembuatan kantong-kantong sampah yang memungkinkan di sisi jalan tol. Ide ini agar truk pembawa kantong sampah tak melewati jalan kampung untuk membuang sampah.

"Ketiga soal revitalisasi situ-situ yang ada di wilayah Bodetabekjur," ujar Anies.

Anies berharap kerjasama ini bisa segera terealisasi pada awal tahun 2019. Nantinya akan dilakukan pertemuan lagi guna membahas dana yang akan digunakan dalam kerjasama ini.

"Kita berharap di awal 2019 kita akan ada pertemuan lagi untuk membicarakan yang belum tentu terkait APBD, tapi banyak potensi kerja sama yang bisa kita libatkan BUMD, private sector untuk membangun wilayah kita," kata Anies. [rok]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Atasi Sampah, Anies Gandeng Bodetabekjur : http://bit.ly/2POXfzD

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Atasi Sampah, Anies Gandeng Bodetabekjur"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.