Search

6.800 Satgas Kebersihan Diterjunkan

INILAHCOM, Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 6.800 satuan tugas kebersihan pada malam tahun baru 2019. Dengan dikerahkan petugas kebersihan, diharapkan di hari pertama 2019, Selasa (1/1) pagi seluruh Jakarta ditargetkan bersih dari sisa-sisa perayaan pergantian tahun.

"Kami kerahkan 6.800 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot. Bahkan, kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan berkerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, lewat keterangannya Jumat (28/12/2018).

Ribuan petugas itu akan membersihkan sampah-sampah mulai pukul 00.30 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 06.00 WIB seluruh sampah sudah terangkut. Petugas akan langsung bekerja, setelah perayaan pergantian tahun usai.

"Ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas kami yang dikenal sebagai Pasukan Oranye langsung bergerak di setiap titik lokasi perayaan," kata Isnawa.

Untuk mempermudah kegiatan penanganan kebersihan, Isnawa mengharapkan begitu usai acara puncak pergantian tahun pedagang kaki lima dan pengunjung yang memarkir kendaraannya di bahu jalan dapat segera meninggalkan lokasi.

"Hal ini yang biasanya menghambat petugas dalam pembersihan wilayah. Kita telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar dan dengan Satpol PP untuk menertibkan PKL," kata Isnawa.


Isnawa mengatakan, seluruh Suku Dinas dan Satuan Kerja Lingkungan Hidup Kecamatan diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap lokasi pergantian tahun di wilayahnya masing-masing.

"Tidak hanya di tempat-tempat acara utama Ibukota, setiap kampung di Jakarta juga biasanya menggelar perayaan, baik acara hiburan, istigosah, zikir akbar ataupun doa bersama. Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya," kata Isnawa.

Pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin dan motor trail. Mereka akan memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik.

Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan sarana kebersihan berupa kendaraan angkut sampah jenis compactor 100 unit, mobil penyapu jalan otomatis (road sweeper) 50 unit, pickup lintas 42 unit, 25 bus toilet, menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam dan menyebar ribuan dust bin di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru. [rok]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 6.800 Satgas Kebersihan Diterjunkan : http://bit.ly/2AgfGbd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6.800 Satgas Kebersihan Diterjunkan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.