Search

Isi Khutbah Jumat, Anies Doakan Warga Lombok

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyempatkan untuk mengisi khutbah saat menunaikan ibadah salat Jumat di sela kunjungannya ke Lombok Utara.

Melalui akun Instagramnya, Anies mengunggah rangkaian foto yang menunjukkan dirinya berdiri di mimbar untuk mengisi khutbah dan menyapa para warga setempat yang salat di Masjid Nurul Hidayah, Kabupaten Lombok Utara.

"Inilah tanah yang guncangannya menghasilkan gempa dahsyat. Inilah tanah yg menjadi kuburan bagi lebih dari 560 orang di Kab Lombok Utara. Guncangannya seakan jadi penggali kubur," tulis akun @aniesbaswedan, Jumat (4/1/2019).

Lewat keterangan foto yang sama, ia menambahkan bahwa di tanah Lombok,tetap sujud ditunaikan, meski di bawah atap masjid tanpa dinding.

"Semilir angin laut dari Selat Lombok menembus di antara badan-badan jamaah sholat jumat. Deburan ombak sayup-sayup, juga desiran angin yg menggoyang dahan pepohonan," tulis keterangan foto yang sama.

Ia menambahkan, ratusan jamaah yang salat jumat bersamanya tampak berwajah teduh, seteduh suasana siang hari kunjungannya di Lombok Utara.

"Yang Maha Mengatur telah membuat langit berawan mendung tapi angin mengalir kencang, suasana siang ini jadi sejuk. Segalanya terasa khusyuk dan syahdu," lanjut keterangan foto.

Anies menuturkan, beberapa bulan lalu, tanah tempat mereka bersujud, bercocok tanah, dan berkarya diguncang. Ribuan kali gempa telah mereka rasakan dalam 5 bulan terakhir. Rumah, Masjid, Mushola, Sekolah, luluh lantak, rata dengan bumi.

"Guncangan tanah memang bisa merontokkan bangunan, tapi takkan bisa mengguncang Iman, semangat dan apalagi ketangguhan masyarakat. Sejak pagi, tak ada bersitan nuansa gelisah, keluhan apalagi duka. Yg terlihat adalah ungkapan penuh keikhlasan dan optimisme. Walau sesungguhnya mereka sedang menghadapi masalah amat besar: Membangun kembali dari Nol. Ini bukan pekerjaan kecil," tutur keterangan foto.

Dari Jakarta, lanjutnya, dirinya secara langsung mengantarkan amanah Pemprov DKI dan warga ibu kota utk membantu pembangunan kembali masyarakat di Lombok.

"Sejak kedatangan kami di sini, sambutan penuh kehangatan dan persaudaraan menyelimuti suasana silaturahmi. Masalah, derita dan semua komplikasinya ada di sini tapi semua terlihat hadir dengan senyum, semangat dan optimisme. Dari mulai gubernur, bupati, guru, murid, hingga warga kebanyakan. Termasuk saat Khotbah dan Sholat Jumat, tiada pesan pilu, tiada doa penuh keluh kesah. Seakan mereka mengirimkan pesan pada semua: Kami tak mengadu pada Allah bahwa kami punya masalah, tapi kami katakan pada masalah bahwa kami punya Allah," ungkap keterangan foto Anies.

Ia lalu mendoakan agar kekuatan Allah SWT senantiasa dialirkan kepada para warga Lombok Utara dan seluruh umat manusia.

"Semoga hikmah dari peristiwa ini segera keluar dari persembunyiannya. Sebuah catatan kecil seusai sholat jumat di Masjid Nurul Hidayah, Kabupaten Lombok Utara," berdasarkan keterangan foto.

Terpantau unggahan Anies kali ini mendapatkan 34.585 suka dari pengguna Instagram dan memperoleh 920 komentar dari warganet. [ton]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Isi Khutbah Jumat, Anies Doakan Warga Lombok : http://bit.ly/2C2u1s7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Isi Khutbah Jumat, Anies Doakan Warga Lombok"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.