Search

Kampung Betawi Setu Babakan Kini Miliki Website

INILAH.COM, Jakarta - Perkampungan Betawi Setu Babakan menjadi salah satu destinasi budaya karena masih memegang orisinalitas sebagai kampung Betawi. Kini masyarakat dimudahkan mengelal kampung Betawi ini lewat website.

Perkampungan Betawi Setu Babakan yang berada di pinggir Jakarta Selatan, tepatnya di Kecamatan Jagakarsa ini oleh Pemerintah DKI tahun 2005 ditetapkan sebagai situs budaya Betawi. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak warga Jakarta yang tidak tahu apa itu Perkampungan Budaya Betawi, atau bahkan dimana letak Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan ini.

Melihat hal itu, remaja berusia 16 tahun, Frances Caitlin Tirtaguna berinisiatif membuat sebuah website PBB Setu Babakan. Website ini memberikan informasi kepada siapapun yang mengakses tentang PBB Setu Babakan.

"Salah satu alasan saya membuat Website Perkampungan Budaya Betawi karena saya menyadari banyak orang yang tidak tahu dan kenal Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ini," kata Frances dalam keterangan tertulis, Minggu (19/5/2019).

Apa yang dilakukan Frances disambut baik oleh para tokoh Betawi dan Unit Pengelola Kawasan (UPK) PBB Setu Babakan. Frances dan para tokoh membuat tim untuk menyusun situs tersebut. Mereka juga menyepakati kalau nama websitenya adalah http://bit.ly/2WNRwya.

"Alhamdulillah kita dibantu oleh Frances dengan keinginan yang luhur dan mulia," kata Budayawan Betawi, Yahya Andi Saputra.

Website yang dibuat selama setengah tahun itu berisi mengenai sejarah, profil, fasilitas, ragam budaya (mulai dari kesenian, adat dan tradisi, pakaian adat, transportasi tradisional, rumah adat, permainan, seniman dan tokoh hingga kuliner betawi), acara dan berita.

Frances berharap hadirnya situs tersebut bisa membantu meningkatkan perekonomian PBB Setu Babakan. Hal itu lantaran pengunjung situs akan mudah mencari makanan atau minuman tradisional, batik Betawi hingga sanggar kesenian Betawi. [adc]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Kampung Betawi Setu Babakan Kini Miliki Website : http://bit.ly/2EhF2I0

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kampung Betawi Setu Babakan Kini Miliki Website"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.