Search

Cegah Kebakaran, Cek Instalasi Listrik di Rumah

INILAH.COM, Jakarta - Listrik menjadi kebutuhan dasar rumah tangga. Namun banyak masalah yang timbul yang diakibatkan kelistrikan, salah satunya konsleting yang mengakibatkan kebakaran.

Subejo, Plt Kadis Pemadam Kebakaran DKI Jakarta mengatakan, kebakaran di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia umumnya disebabkan oleh listrik. Mulai dari instalasi yang buruk, penggunaan material yang tidak sesuai standar, hingga penggunaan peralatan listrik yang tidak terkontrol, sehingga mengakibatkan panas berlebih dan mengakibatkan kebakaran.

Subejo mengimbau, instalasi pentingnya cek instalasi listrik bila sudah digunakan selama 15 tahun. hal itu untuk memastikan kelayakan dari instalasi kelistrikan.

"Kelayakan ini didasarkan pada kualitas kabel yang digunakan. Bila kurang bermutu, kadang-kadang sebelum 15 tahun perlu perbaikan," kata Subejo dalam media gathering "Listrik Andal Rumah Aman", bertajuk: Pentingnya Keselamatan Kelistrikan dan Upaya Menurunkan Potensi Kebakaran yang digelar International Copper Asociation (ICA), di Jakarta, baru-baru ini.

Subejo menekankan pentingnya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menyikapi peralatan berlistrik dengan bijak, yang aman untuk rumah mereka.

ICA yang diwakili Glenn Mandey mengatakan, pentingnya memberikan edukasi yang baik dan benar tentang pemahaman konsumen terhadap pentingnya keselamatan dalam kegiatan sehari-hari menyangkut penggunaan dan pemanfaatan energi listrik.

"Dengan melihat realitas yang ada, kami berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat dan juga para pekerja yang mengurusi urusan listrik seperti PLN. Masyarakat agar senantiasa melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan instalasi listriknya. Salah satunya dengan Gerakan Pemeriksaan kompor gas dan instalasi Listrik (Gerikgastrik) dengan harapan masyarakat paham arti pentingnya instalasi lisatrik sebagai faktor yang bisa menyebabkan kebakaran yang ada selama ini. Dengan gerakan ini ke depan angka kebakaran akibat konsleting listrik maupun kebocoran gas di Indonesia bisa jauh berkurang," tandasnya. [adc]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Cegah Kebakaran, Cek Instalasi Listrik di Rumah : http://bit.ly/2LkgtQu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Kebakaran, Cek Instalasi Listrik di Rumah"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.