Search

Sempat Rekor, Harga Batu Bara Kian Merana Jelang Tahun Baru - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga kontrak futures (berjangka) batu bara Newcastle kembali lanjutkan koreksinya dan semakin terkoreksi dalam. Harga yang sudah tinggi memang rawan terkoreksi akibat aksi ambil untung (profit taking).

Pada perdagangan Rabu (30/12/2020), harga kontrak batu bara termal yang aktif ditransaksikan di bursa berjangka tersebut terkoreksi ke level US$ 81,9/ton. Padahal sebelumnya pada Senin (28/12/2020), harga batu bara sempat tembus ke level US$ 85,5/ton.


Turunnya harga acuan batu bara diakibatkan investor mulai mengambil aksi ambil untung (profit taking) karena harga batu bara sendiri telah menunjukkan reli kenaikan yang tiada henti sejak Oktober 2020 lalu.

China ada dibalik penguatan harga batu bara belakangan ini. Negeri Panda dilaporkan telah menginstruksikan kepada pembangkit listriknya untuk mulai mengimpor batu bara karena ketatnya pasokan domestik.

China menghadapi tantangan serius terkait sektor listriknya di provinsi Hunan, Jiangxi dan Zhejiang sejak awal Desember, karena pemulihan ekonomi yang kuat hingga cuaca dingin serta tersendatnya pasokan energi terbarukan.

Konsumsi listrik dalam beberapa minggu terakhir telah meningkat sebesar 11% dibandingkan tahun sebelumnya, dan beban listrik di 20 provinsi telah meningkat dengan kecepatan dua digit.

Ke depan Badan Energi Internasional (IEA) memproyeksikan permintaan batu bara akan naik di 2021. Kenaikan permintaan diperkirakan bakal mencapai 2,6% dibanding tahun ini pasca diserang pandemi Covid-19 yang memicu lockdown secara masif dan membuat konsumsi listrik turun dan roda industri tersendat.

Permintaan batu bara termal dan metalurgi diperkirakan meningkat menjadi 7.43 miliar ton pada tahun 2021 dari 7.24 miliar ton tahun ini. Jelas ini menjadi katalis positif bagi harga batu bara.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
December 31, 2020 at 12:40PM
https://ift.tt/3aSSOlq

Sempat Rekor, Harga Batu Bara Kian Merana Jelang Tahun Baru - CNBC Indonesia
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sempat Rekor, Harga Batu Bara Kian Merana Jelang Tahun Baru - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.