Search

Harga Satu Unit GeNose UGM Rp 62 Juta - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Menristek Bambang Brodjonegoro mengatakan satu unit GeNose C19 dijual dengan harga Rp 62 juta. Alat ini merupakan inovasi dari UGM yang telah terbukti memiliki tingkat sensitivitas 90 persen dan spesifisitas hingga 96 persen.

Dengan alat GeNose, kata dia, bisa melakukan tes Covid-19 dengan hembusan nafas sebanyak 12 ribu orang per hari, dengan biaya tes yang relatif terjangkau.

Baca juga: GeNose UGM Deteksi Covid-19 hingga 12 Ribu Orang per Hari

"Lewat hembusan nafas, GeNose sudah bisa mendeteksi Covid-19 sangat cepat sekitar 2 menit tanpa memerlukan reagen maupun bahan kimia lainnya," ungkap dia melansir laman UGM, Selasa (29/12/2020).

Dia menyebutkan, sebanyak lima ribu unit GeNose C19 telah siap didistribusikan pertengahan bulan Februari 2021. Alatnya ini akan didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Dia mengaku, fleksibilitas penggunaan GeNose C19 memungkinkan penempatannya di bandara, stasiun, terminal, rumah sakit, perkantoran, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan.

"Sehingga masyarakat diharapkan dapat beraktifitas dengan aman dan nyaman dalam rangka pemulihan ekonomi," ungkapnya.

Kehadiran alat ini sangat diapresiasi oleh Bambang. Sebab, GeNose C19 dapat memperkuat sistem surveillance 4T, yakni testing, tracing, tracking, serta treatment.

Selain itu, gerakan 3 M tetap perlu dilakukan yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak guna meminimalkan penyebaran virus corona baru.

Dia menekankan, Indonesia perlu punya kemandirian dalam melakukan testing dan monitoring, terutama untuk skrining Covid-19. Kalau untuk testing tidak lain kita lakukan dengan PCR yang merupakan gold standar.

Baca juga: Pakar UGM: Temuan Baru Covid-19 Belum Tentu Berbahaya

"Namun, untuk skrining di sini, kemampuan kita dituntut melakukan inovasi melahirkan alat yang bisa melakukan skrining dalam waktu cepat, relatif nyaman, dan tingkat akurasi tinggi," jelas dia.

Dia berharap, dengan adanya inovasi ini dapat mendorong pemulihan ekonomi. Dengan demikian, inovasi yang dihasilkan tidak hanya mendukung sektor kesehatan, tetapi juga dapat menunjang upaya untuk memulihkan kegiatan ekonomi.

"Terima kasih kepada tim peneliti UGM dalam membantu penanganan Covid-19 khususnya 4T. Kita harapkan hilirisasi berjalan mulus dan didukung Kemenkes supaya inovasi anak bangsa difasilitasi dan didukung juga oleh Satgas Covid-19," terang Bambang.

Produksi 10 ribu GeNose

Salah satu anggota tim pengembangan GeNose, Dian Kesumapramudya Nusantara mengatakan, saat ini telah diproduksi 100 unit GeNose C19 yang semuanya telah terjual.

Selanjutnya akan kembali memproduksi 100 unit lagi di tahap selanjutnya dengan bantuan Kemenritek/BRIN.

"Insya Allah dengan bantuan beberapa institusi dan filantropi akan produksi sekitar 2 ribu akhir Januari dan 5 ribu pertengahan Februari dan targetnya bisa 10 ribu," jelas Dian

Dengan produksi yang semakin meningkat, diharapkan GeNose dapat didistribusikan lebih luas lagi. Dengan begitu, bisa membantu penanganan Covid-19 terutama dalam deteksi cepat virus corona saat tracing dan tracking.

Dian turut menyampaikan cara penggunaan dan pemeliharaan GeNose C-19. Dian mengatakan, alat itu mudah untuk digunakan dan tidak memerlukan upaya pemeliharaan yang rumit.

Kemudian, untuk pengecekan dan pemeliharaan dapat dilakukan setelah pemeriksaan 150 ribu sampel nafas atau jika muncul gangguan.

Baca juga: Apresiasi GeNose dan CePAD, Menristek: Ini Upaya Pemulihan Ekonomi

"Untuk pembacaan saat deteksi, apabila positif disarankan melakukan pengambilan ulang hembusan napas kedua dalam waktu 30 menit setelah pengambilan pertama. Jika hasil konsisten positif disarankan melanjutkan pemeriksaan dengan PCR konfirmasi," pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
December 29, 2020 at 11:30AM
https://ift.tt/2L3H9W9

Harga Satu Unit GeNose UGM Rp 62 Juta - Kompas.com - KOMPAS.com
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Satu Unit GeNose UGM Rp 62 Juta - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.