Search

Harga Batu Bara Gagal Tembus ke Level Psikologis Lagi - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga batu bara dunia menguat tipis sepanjang pekan ini, melanjutkan reli yang terbentuk sepekan sebelumnya, tapi belum cukup kuat untuk kembali ke level psikologis 60 yang tercetak pada awal Oktober.

Harga batu bara termal acuan Newcastle untuk kontrak yang ramai ditransaksikan dibanderol di level harga US$ 59,25/ton pada akhir pekan ini, atau terhitung menguat 2% dari posisi penutupan pekan sebelumnya di US$ 58/ton. Reli ini melanjutkan tren sepekan sebelumnya yang menguat sebesar 0,9%.


Kenaikan harga batu bara terjadi bersamaan dengan rumor bahwa China akan mengurangi impor batu bara asal Australia, terutama untuk produsen baja dan perusahaan listrik di Negeri Panda, terkait ketegangan politik kedua negara.

Pengiriman dengan tujuan yang telah dikonfirmasi di China turun secara signifikan pada bulan September dan tetap tertekan pada bulan Oktober, tetapi semua pelabuhan utama menunjukkan lebih dari 1 juta pengiriman ke tujuan yang belum dikonfirmasi dalam kedua bulan tersebut.

Namun, reli dibatasi oleh masih lemahnya impor batu bara di Asia. Di Jepang, impor batu bara termal periode September dilaporkan turun 7% (yoy) menjadi 8,5 juta ton. Sepanjang 9 bulan tahun ini, impor batu bara Negeri Sakura drop ke level terendah sejak 7 tahun terakhir.

Secara akumulatif, pada Januari-September Kementerian Keuangan Jepang melaporkan impor batu hitam tersebut sebesar 78,5 juta ton, lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 82,5 juta ton.

Akibatnya, kenaikan harga batu bara dua pekan terakhir Oktober belum cukup untuk membawa harga kembali ke level akhir September sebesar US$ 61,85/ton. Harga komoditas andalan nasional itu anjlok di 2 pekan pertama Oktober, menjadi US$ 57,5 per ton akibat kenaikan kasus Covid-19 di AS dan Eropa yang bisa memicu karantina wilayah (lockdown).

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ags/ags)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
November 01, 2020 at 10:15AM
https://ift.tt/3ec65oS

Harga Batu Bara Gagal Tembus ke Level Psikologis Lagi - CNBC Indonesia
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Harga Batu Bara Gagal Tembus ke Level Psikologis Lagi - CNBC Indonesia"

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.