KOMPAS.com - Strategi penentuan harga cukup penting bagi perusahaan. Hal ini karena strategi penentuan harga dapat menentukan apakah bisnis akan berlanjut atau tidak.
Jika sebuah produk barang atau jasa ditentukan dengan harga terlalu rendah, maka usaha yang dijalankan tidak mendapatkan cukup profit untuk membayar operasional.
Namun, jika ditentukan tertalu tinggi, maka perusahaan akan mendapatkan kesulitan dalam menjual produk barang atau jasa.
Dalam buku Passion to Profit (2010) karya Rhonda Abrams dan Alice, terdapat empat langkah straegi penetapan harga untuk mendapatkan angka yang optimal, yaitu:
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli
- Melakukan riset
Pelaku usaha harus mengerti kondisi pasar sebelum menetapkan harga. Mencari informasi mengenai harga-harga bahan baku yang dibutuhkan, untuk mendapatkan harga yang terbaik.
Dengan harga suplier bahan baku yang sesuai, maka pelaku usaha bisa menetapkan harga yang sesuai dengan harga jual di pasaran.
Jika pelaku usaha baru terjun dalam bisnis, harus mencoba melihat beberapa harga yang bisa ditoleransi pasar. Sehingga pelaku usaha memiliki alasan, jika ingin menetapkan harga lebih tinggi dari pesaingnya.
Misalnya, kualitas bahan yang ditawarkan mungkin jauh lebih tinggi atau keterampilan kerja yang lebih profesional dibanding kompetitor. Sehingga konsumen dengan senang hati membayar lebih tinggi.
- Mencoba model penetapan harga yang berbeda
Jangan hanya berasumsi bahwa cara penetapan harga tradisional produk atau jasa menjadi satu-satunya pilihan.
Baca juga: Pasar Monopolistik: Persaingan Bukan Harga
- Menawarkan rentang fitur dan harga
Segmentasi produk merupakan cara yang bagus untuk menawarkan pelanggan rentang harga pada barang atau jasa yang pada dasarnya sama.
Misalnya, sebuah produsen menawarkan model dasar kerangka sepeda alumunium dengan desain dan perakitan secara manual seharga Rp 1 juta, namun dengan menawarkan kerangka yang terbuat dari serat karbon bisa ditawarkan dengan harga Rp 2 juta.
Hery dalam buku Pengantar Akuntansi (2015), mengatakan ada beberapa cara perusahaan menetapkan harga yang kompetitif, yakni:
- Jika harga pasar tersedia, perusahaan dapat menggunakan harga tersebut sebagai harga transfer. Harga transfer adalah harga yang timbul ketika terjadi transaksi pertukaran barang atau jasa dalam satu anak perusahaan.
- Harga pasar dapat ditentukan melalui penawaran (tender). Hal ini dilakukan bila penawar memiliki peluang yang cukup besar untuk memenangkan tender.
- Jika pusat laba dari sebuah perusahaan manufaktur menjual produk di pasar luar, maka dapat menetapkan harga pasar yang kompetitif dengan jalan meniru harga pasar dari produk lain yang memiliki proses produksi yang hampir sama.
- Apabila pusat laba pembeli membeli jenis produk yang sama dari pasar luar, maka akan memungkinkan bagi perusahaan untuk meniru harga pasar yang kompetitif untuk produknya sendiri.
- Bila terdapat cara yang tepat untuk menentukan harga pasar yang kompetitif, maka satu-satunya pilihan yang tersisa adalah mengembangkan harga transfer bersadarkan biaya ditambah dengan tingkat laba tertentu.
Baca juga: Keseimbangan dalam Pasar Monopolistik
"harga" - Google Berita
January 08, 2021 at 04:52PM
https://ift.tt/3nlXRgF
Strategi Penentuan Harga - Kompas.com - KOMPAS.com
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Strategi Penentuan Harga - Kompas.com - KOMPAS.com"
Posting Komentar