Search

Asik! Dikit Lagi Harga Batu Bara Bisa Sentuh US$ 60/ton Lho - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga batu bara domestik China yang sudah tergolong tinggi membuat Negeri Panda mulai berpikir untuk mengimpor batu baranya dari luar agar mendapat harga yang lebih murah. Hal ini menjadi katalis positif bagi harga batu bara termal Newcastle.

Pada perdagangan kemarin Selasa (22/9/2020) harga batu bara termal Newcastle untuk kontrak yang aktif diperdagangkan menguat 0,6% ke US$ 59,15/ton. Harga batu bara kini sudah mendekati level psikologis US$ 60/ton.


Harga batu bara termal domestik China Qinhuangdao sudah terlampau tinggi sehingga hal ini memicu terjadinya perilaku yang disebut arbitrage atau mencari barang yang sama dengan memanfaatkan perbedaan harga di pasar yang berbeda. 

Argus Media melaporkan selisih (spread) antara harga batu bara termal Australia dan China telah menyentuh level tertingginya di bulan ini.

Harga batu bara termal untuk nilai kalori 5.500 Kcal/kg yang diimpor dari Australia sempat menyentuh level US$ 39,35/ton lebih rendah dari harga batu bara domestik China untuk nilai kalori yang sama 11 September lalu.

Hal ini membuat para konsumen dan pembeli batu bara China mengimpor dari Australia karena lebih menguntungkan. Permintaan China telah pulih dalam dua minggu terakhir karena pelaku pasar memperkirakan Beijing akan mencabut pembatasan.

Melansir Argus Media, importir China memesan sejumlah besar kargo Australia yang akan memuat batu bara untuk bulan November dan Desember yang mereka perkirakan akan dibersihkan di pelabuhan China pada bulan Januari ketika sistem kuota diberlakukan hingga 2021.

Setidaknya empat kargo tipe Capesize dan Panamax yang memuat batu bara berkalori 5.500 Kcal/kg untuk pengiriman bulan November dari Australia diperdagangkan pada US$ 39-40,5/ton fob Newcastle minggu lalu, dengan harga di mana transaksi dilakukan naik seiring berjalannya waktu. Sebagian besar kargo ini kemungkinan besar ditujukan ke China.

Minat China terhadap batu bara lintas laut (seaborne) dapat tetap kuat dalam beberapa minggu mendatang, karena ada tanda-tanda bahwa otoritas bea cukai tampaknya akan melonggarkan pembatasan impor.

Pihak berwenang di pelabuhan Guangzhou dan Fuzhou di provinsi Guangdong dan Fujian di China selatan masing-masing sedang melihat berapa banyak stok batu bara impor yang menunggu untuk bea cukai di pelabuhan.

Langkah tersebut dapat menandakan kemungkinan pelonggaran pembatasan impor, sementara pelabuhan Guangzhou dapat menghapus 1,5 juta ton batu bara impor yang ditimbun, kata pelaku pasar.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(twg/twg)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
September 23, 2020 at 10:50AM
https://ift.tt/2RPHdZx

Asik! Dikit Lagi Harga Batu Bara Bisa Sentuh US$ 60/ton Lho - CNBC Indonesia
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asik! Dikit Lagi Harga Batu Bara Bisa Sentuh US$ 60/ton Lho - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.