Search

Presiden Menanti Harga Gas Bumi Murah - detikNews

Jakarta -

Kegusaran Presiden saat Rapat Terbatas (Ratas) pada 6 Januari 2020 lalu patut menjadi perhatian anggota kabinet yang terkait dengan kebijakan harga gas bumi saat ini. Kegusaran Presiden dapat dimaklumi karena perintah Presiden tahun 2016 belum dilaksanakan karena harga gas bumi di hilir masih berkisar antara USD 8 - USD 10 per MMBTU, sementara harga gas impor di bawah USD 5 per MMBTU.

Harga gas di mulut tambang atau hulu rata-rata memang sebesar USD 4 - USD 6 per MMBTU, belum termasuk biaya transportasi melalui jaringan pipa. Pemerintah mengatur harga gas bumi melalui berbagai kebijakan yang terkadang menghambat perkembangan usaha gas bumi dan industri penggunanya.

Belum optimalnya penggunaan gas bumi di hilir selain harga yang mahal, infrastruktur juga terbatas sementara pembangunan jaringan pipa gas juga berjalan sangat lambat. Akibatnya utilisasi penggunaan gas di hilir, baik untuk ketenagalistrikan maupun industri (besi baja, keramik, kaca dan lain-lain), transportasi, dan rumah tangga hampir tidak ada pertumbuhan yang signifikan bahkan cenderung stagnan.

Hal itu terjadi karena prioritas utama badan usaha gas adalah untuk kepentingan ekspor demi kocek APBN tahun berjalan, bukan memenuhi kebutuhan domestik. Jadi jangan heran jika kebijakan terkait harga gas sampai sekarang sulit untuk dijalankan dan ini yang membuat Presiden gusar. Sebagai anggota kabinet yang terkait dengan urusan gas bumi, baik hulu maupun hilir, harus mempunyai strategi yang out of the box dalam tiga bulan mendatang sesuai permintaan Presiden saat Ratas.

Kondisi harga gas di hilir memang sudah kritis dan perlu terobosan bijak supaya industri pengguna gas kompetitif, dan badan usaha pengelola gas makmur sehingga dapat membangun infrastruktur gas termasuk jaringan gas sesuai dengan target yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Ribetnya Harga Gas Hilir

Persoalan mahalnya harga gas bumi untuk industri menjadi salah satu persoalan utama sektor energi primer sejak lama. Kondisi tersebut makin diperparah dengan munculnya pengaturan pemerintah yang rigid tentang gas bumi di sektor hulu dan hilir. Harga gas bumi di hulu diatur melalui Perpres No. 40 Tahun 2016 Tentang Penetapan Harga Gas Bumi, sedangkan harga gas hilir diatur oleh Permen ESDM No. 58 Tahun 2017 Tentang Harga Jual Gas Bumi Melalui Pipa Pada Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.

Intinya bisnis gas merupakan bisnis yang highly regulated, sehingga tidak mudah bagi badan usaha gas bumi untuk berkembang dengan harga jual gas murah di bawah USD 4 per MMBTU. Dari kemarahan Presiden saat Ratas memunculkan tiga opsi yang harus segera dilakukan kajian mendalam selama tiga bulan ini, yaitu; pertama, penghilangan atau pengurangan porsi pemerintah di hulu sebesar USD 2,2/MMBTU merupakan pos penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Kebijakan ini dapat menghilangkan jatah pemerintah di hulu, sehingga harga gas di hilir akan turun drastis.

Saat ini harga gas di hilir berkisar antara USD 8 - 10 per MMBTU terima di lokasi pabrik bahkan ada yang lebih. Sebagai informasi, PNBP dari gas bumi pada 2018 sebesar Rp 159,8 triliun; 2019 sebesar Rp 115,1 triliun, dan untuk 2020 ditargetkan sebesar Rp 127,3 triliun.

Opsi di atas cukup relevan kalau akan dijalankan, namun efektivitasnya masih meragukan. Apakah karena harga gas di hulu turun, produk langsung menjadi kompetitif harga jualnya, atau ada sebab lain yang membuat harga produk tidak kompetitif, misalnya adanya ekonomi biaya tinggi lain di lokasi industri (jatah preman, retribusi daerah, ketiadaan infrastruktur distribusi)? Lalu apakah penghilangan PNBP USD 2,2 per MMBTU ada substitusinya supaya APBN tidak bermasalah? Ini yang harus dikaji secara rinci oleh Kementerian Keuangan.

Pemerintah memang mempunyai kebijakan khusus untuk memberikan subsidi kepada industri khusus yang porsi biaya penggunaan gas bumi pada proses produksinya sangat tinggi (sampai di atas 50%) serta dibutuhkan publik, seperti pupuk dan ketenagalistrikan. Harga gas khusus yang diberikan sekitar USD 6 per MMBTU. Namun dalam pelaksananya subsidi ini sering disalahgunakan, misalnya pupuk yang harga gasnya disubsidi produknya diekspor ke luar negeri. Begitu pula dengan pembangkit listrik pengguna gas subsidi, listriknya dijual ke industri. Praktik semacam ini tentunya harus segera dihentikan.

Kedua, membuka kran impor gas bumi (berbentuk CNG) untuk kebutuhan industri, sehingga harga gas sampai di pelabuhan konsumen (industri) sekitar USD 4.0 per MMBTU. Kalau kebijakan ini yang diambil, kemungkinan negara memberikan kesempatan kembali pada traders atau makelar gas yang saat ini sudah nyaris tertutup sepak terjangnya sejak diberlakukannya Permen ESDM No. 6 Tahun 2016. Opsi ini perlu pendalaman.

Ketiga, dengan mengenakan Domestik Market Obligation (DMO) untuk gas bumi seperti yang diterapkan pada batubara. Opsi ini diharapkan dapat mencegah badan usaha gas untuk mengekspor seluruh gas yang mereka produksi ke negara lain. Melalui DMO, harga gas untuk industri bisa di atur lebih rendah dari harga pasar oleh BUMN penugasan gas atau sub holding gas, seperti PGN Tbk.

Pemerintah diharapkan dapat menyelesaikan kajian tiga opsi tersebut sekitar minggu kedua Maret 2020 supaya keinginan Presiden terpenuhi. Lalu badan usaha gas dapat menjalankan strategi pengembangan usaha dengan baik supaya produk Indonesia kompetitif dan target pembangunan jaringan gas terpenuhi. Pada akhirnya publik yang akan menikmati produk barang konsumsi, transportasi, tarif listrik, dan bahan bakar yang lebih murah.

Saran Pemikiran Publik

Dari semua opsi yang disampaikan Presiden, menurut saya kebijakan DMO merupakan opsi yang paling mungkin dilaksanakan. Kalau dijalankan, opsi ini dapat mencegah badan usaha gas mengekspor seluruh gas bumi yang mereka produksi. Melalui DMO, harga gas untuk industri bisa di atur lebih rendah dari harga pasar oleh BUMN penugasan gas atau sub holding gas.

Pemerintah hanya menetapkan volume DMO dan harga gas. Misalnya harga gas DMO ditetapkan USD 3 per MMBTU. Gas ini yang dikelola oleh pelaksana penugasan, tidak saja untuk industri tertentu, transportasi publik dan ketenagalistrikan tetapi juga untuk pengembangan jaringan gas secara masif sesuai perintah Perpres No. 6 Tahun 2019 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jaringan Transmisi dan/atau Distribusi Gas Bumi Untuk Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil.

Sebagai tambahan informasi, langkah pemerintah dengan memperpanjang waktu depresiasi investasi pipa dari 15 tahun ke 30 tahun dan menetapkan keuntungan tertentu bagi badan usaha gas, juga tidak strategis dan terbukti belum dapat menurunkan harga gas secara signifikan. Bagaimana badan usaha gas dapat untung ketika IROR kelayakan proyek infrastruktur gas lebih rendah dari bunga pinjaman dana pembangunannya?

Sebagai penutup, pemanfaatan gas bumi memang memerlukan terobosan lain yang cerdas supaya infrastruktur gas tumbuh ke seluruh Indonesia, seperti opsi pengaturan harga gas bumi di hilir menggunakan strategi agregasi yang dijalankan oleh BUMN penugasan. Opsi ini layak dikaji juga.

Agus Pambagio pemerhati kebijakan pubik dan perlindungan konsumenMenteri Jonan Resmikan Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga di Pasuruan

Simak Juga Video "Menteri Jonan Resmikan Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga di Pasuruan"

[Gambas:Video 20detik]

(mmu/mmu)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
January 21, 2020 at 12:23PM
https://ift.tt/3av0veY

Presiden Menanti Harga Gas Bumi Murah - detikNews
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

2 Responses to "Presiden Menanti Harga Gas Bumi Murah - detikNews"

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  2. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    CITY: BATU MALANG JATIM
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorite, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya berputar.
    Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk pergi, sekarang ALLAH menggunakan teman dan tetangga saya Rini anggraeni yang membantu saya menghubungi MOTHER KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesia menghubungkannya dengan MOTHER KARINA, jadi saya menceritakan kepada ibu cerita saya, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya tahu itu permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelum itu saya meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya sekarang bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, dengan harapan dapat meminjamkan pinjaman kepada yang banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui mengatakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman Rp350.000.000,00 yang saya minta. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui email atau whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi kabar baik sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    WHATSAPP ONLY: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.