Search

Usai Disentil Mendag, PTPN II Ikut Harga Lelang Gula Rp12.500 - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Perkebunan Nusantara II (Persero) atau PTPN II, anak usaha PTPN III mengubah harga gula hasil lelang sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) menjadi sebesar Rp12.500 per kilogram (kg). Sebelumnya, perusahaan sempat melakukan lelang dan memutuskan pemenang dengan harga di atas HET, yaitu Rp12.900 per kg.

Sekretaris Perusahaan PTPN III Irwan Perangin menjelaskan perubahan ini dilakukan atas perintah Kementerian Perdagangan. Ia bilang pihaknya telah menjual gula dengan sistem lelang pada 21 April 2020 kemarin.

"Harga minimum PTPN III untuk gula kristal putih (GKP) dari tebu sebesar Rp10.500 per kg. Mekanisme penjualan lelang memutuskan hasil penawaran tertinggi dari calon pembeli sebesar Rp12.900 per kg," papar Irwan dalam keterangan resmi, Rabu (29/4).


Jumlah gula yang dibeli oleh pemenang lelang sebanyak 5.000 ton. Namun, Irwan bilang perusahaan belum menyerahkan gula tersebut kepada pembeli. Selanjutnya, Kementerian Perdagangan memanggil PTPN bersama perusahaan gula lainnya dan distributor untuk rapat evaluasi penugasan impor dan pendistribusian gula konsumsi pada Selasa (28/4) kemarin. Dalam rapat itu, pemerintah memerintahkan PTPN dan perusahaan produsen gula untuk menyesuaikan harga jual gula kristal putih sesuai HET.

"Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PTPN III mengikuti arahan Kementerian Perdagangan dan menyesuaikan harga jual dengan berpedoman pada HET di tingkat konsumen sebesar Rp12.500 per kg," jelas Irwan.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan bersama Kabareskrim menemukan kegiatan lelang harga gula di atas HET, yaitu Rp12.500 per kilogram. Lelang dilakukan oleh PTPN II.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menuding kegiatan lelang di atas HET tersebut menjadi salah satu penyebab harga gula eceran di masyarakat tembus hingga Rp17 ribu per kg.

"Ada beberapa temuan hasil kerja sama dengan Kabareskrim, terjadi lelang harga (gula) Rp12.900 per kg, sehingga harga di distributor menjadi Rp15 ribu per kg dan agen di pasaran menjadi Rp17 ribu per kg," kata Agus.

[Gambas:Video CNN]

(aud/sfr)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
April 29, 2020 at 02:45PM
https://ift.tt/3bPfUqz

Usai Disentil Mendag, PTPN II Ikut Harga Lelang Gula Rp12.500 - CNN Indonesia
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Usai Disentil Mendag, PTPN II Ikut Harga Lelang Gula Rp12.500 - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.