Search

Korek Harga Gula Tinggi, Mendag Akhirnya Tahu Penyebabnya - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Tingginya harga gula di pasaran nyatanya bukan hanya disebabkan oleh oknum-oknum swasta, namun juga perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satu BUMN diketahui telah menjual harga pelelangan di atas harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp 12.500/Kg. Alhasil, harga yang diterima masyarakat pun jadi kian melambung.

"Satgas Pangan sudah melakukan penindakan di Sumatera Utara atas tindakan PTPN II yang melakukan lelang produk gula sebesar Rp 12.900/kg, bervariasi. Dan sempat kami lakukan police line," kata Ketua Satgas Pangan Kabareskrim Polri di Sumatera Utara Brigadir Jenderal Pol Daniel Tahi Monang Silitonga dalam konferensi pers di Kemendag, Selasa (28/4).

Ia bilang tindakan tersebut tentu tidak bisa ditolerir. Pasalnya, memasuki bulan Ramadhan saat ini permintaan gula juga diprediksi melonjak. Meningkatnya permintaan otomatis akan membuat harga terkoreksi tinggi.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto sudah bekerjasama dengan Bareskrim Polri dalam mencari tahu penyebab tingginya harga gula di pasaran. Hasilnya ditemukan pelelangan harga yang lebih besar dari HET, yakni di harga Rp. 12.900/Kg. Sehingga menimbulkan harga ke distributor Rp 15.000, dan agen lebih dari Rp 15.000, dan ujungnya di pasaran sekitar Rp 17.000/kg,

"Nah untuk itu kita sepakat untuk mengimbau, pelelangan ini tidak boleh melebihi HET di konsumen. Terutama dari produsen yang telah melakukan penjualan tadi dan ini membuat harga-harga yang tidak stabil," papar Agus.

Ia meminta agar produsen tidak melelang harga gula di atas HET. "Untuk itu saya juga telah mengimbau bagi produsen-produsen yang telah menerima penugasan khususnya rafinasi ke konsumsi ini langsung dilepas ke ritel modern, bekerja sama dengan distributornya. Dan juga agar mengakomodir pasar tradisional," katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
April 28, 2020 at 04:51PM
https://ift.tt/3f2e8Vo

Korek Harga Gula Tinggi, Mendag Akhirnya Tahu Penyebabnya - CNBC Indonesia
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korek Harga Gula Tinggi, Mendag Akhirnya Tahu Penyebabnya - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.