Search

Mentan Janji Selesaikan Masalah Harga dan Ketersediaan Gula - Radar Cirebon

JAKARTA – Harga gula pasir di pasaran selama beberapa pekan terakhir, khususnya jelang Ramadan mengalami lonjakan. Tercatat, rata-rata harga gula pasir di kisaran Rp18.500 – Rp20.000 per kilogram.

Terkait situasi tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) segera melakukan berbagai upaya taktis guna menstabilkan harga gula pasir putih sekaligus menjamin ketersediaannya di pasaran.

Diketahui, Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sejak awal April telah meminta agar pabrikan gula rafinasi juga ikut memproduksi gula pasir putih yang bisa dikonsumsi masyarakat. Kemudian, sebanyak 250 ribu ton gula pasir putih juga telah digelontorkan Kementan ke pasaran. Ditambah juga sinergi Kementan bersama instansi pemerintah lainnya menggelar operasi pasar (OP).

Kinerja Kementan itu pun mendapat tanggapan dari mantan Mentan Bungaran Saragih. Menurut Bungaran, meskipun secara khusus tugas kerja Kementan tidak bertanggung jawab penuh terhadap urusan stabilitas harga, namun hal itu tidak dijadikan batasan. ”Soal harga, sebetulnya tidak jadi kewenangan Kementan juga. Tapi ini kan menyangkut kehidupan dan kesejahteraan masyarakat, kiranya Kementan juga telah tepat,” ujar Bungaran, Minggu (26/4).

Bungaran menjelaskan, posisi kinerja Kementan lebih utama pada menjaga ketersediaan pangan ke masyarakat. Caranya dengan memastikan pasokan dan produksi komoditas pangan lancar.

“Tapi Kementan tidak tinggal diam nyatanya. Peran Kementan ikut dalam menjaga stabilitas harga gula pasir dan stoknya harus diapresiasi. Menunjukkan bahwa terkait kebutuhan pangan masyarakat, Kementan tetap tanggung jawab,” kata Bungaran yang juga Guru Besar Ekonomi Pertanian IPB.

Pengamat pertanian Universitas Hasanuddin, Yunus Musa, mengapresiasi upaya Menteri Pertanian (Mentan) SYL yang meminta pabrikan gula rafinasi ikut memproduksi gula pasir putih. ”Sudah jelas. Yang pertama, hal itu bakal menambah kepastian jaminan amannya stok gula pasir putih seperti yang telah diungkapkan sebelumnya oleh Mentan,” ujar Yunus.

Lalu kedua, Yunus optimis, dengan cara-cara yang telah ditempuh Syahrul Yasin Limpo (SYL) akan mampu segera menormalisasi lagi harga gula pasir putih di pasaran. Sehingga terjangkau daya beli masyarakat saat Ramadan dan Lebaran nanti.

“Yang sesuai harga eceran tertinggi (HET). Mentan dengan langkahnya ini bisa cepat mengembalikan lagi stabilitas harga gula untuk Ramadan dan Idul Fitri. Apalagi kabarnya ke pasar-pasar juga sudah didistribusi ribuan ton gula pasir putih,” kata Yunus.

Sebelumnya, ajakan SYL kepada pabrikan gula rafinasi agar memproduksi gula pasir putih diungkapkannya saat kunjungan kerja ke Cilegon, Banten, awal April lalu. Melalui sinergi seperti itu, kata YSL, ketersediaan harga gula pasir putih di pasaran hingga saat Idul Fitri dapat aman terpenuhi. Termasuk soal harga yang tidak mengalami lonjakan lagi. (dim/fin/ful)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
April 28, 2020 at 01:21AM
https://ift.tt/2Yd8edJ

Mentan Janji Selesaikan Masalah Harga dan Ketersediaan Gula - Radar Cirebon
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mentan Janji Selesaikan Masalah Harga dan Ketersediaan Gula - Radar Cirebon"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.