Search

Pak Mendag! Harga Gula Belum Juga Turun, Masih Terbang Nih - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga gula pasir di dalam negeri belum ada tanda-tanda turun. Padahal pemerintah sudah mengklaim mengimpor ratusan ribu ton dan mengguyur pasar dengan pasokan gula. Bahkan Presiden Jokowi berjanji harga gula akan turun pada pekan lalu.

Pada Senin (13/4), harga gula rata-rata nasional berdasarkan pusat informasi harga pangan strategis nasional, harga gula pasir lokal Rp 18.600 per kg. Harga tertinggi di Kalbar mencapai Rp 22 ribu per kg, dan Sulawesi Tengah terendah Rp 16 ribu per kg.

Harga ini bertahan tinggi sejak beberapa hari terakhir, padahal harga eceran tertinggi (HET) yang ditentukan pemerintah hanya Rp 12.500 per kg.

[Gambas:Video CNBC]

Pergerakan harga gula pasir dalam dua bulan terakhir trennya terus naik. Harga rata-rata gula pada 11 Februari masih Rp 14.000/kg, pada 10 Maret 2020 sudah Rp 16.400 per kg maka sudah ada kenaikan 17% dalam sebulan. Artinya bila dihitung hingga 13 April 2020 sudah ada kenaikan 32% atau hampir 50% dari HET.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto memang sempat melakukan pemantauan kepada pabrik gula rafinasi yang sudah mendapat penugasan khusus untuk memproduksi gula konsumsi atau gula kristal putih (GKP) dari bahan baku impor.

Penugasan pemerintah kepada PT Angels Product dan PT Sentra Usahatama Jaya dilaksanakan dengan baik. PT Angels Product yang berlokasi di Bojonegara, Banten, mendapatkan mandat mengolah 10 ribu ton gula rafinasi menjadi gula konsumsi dan sudah terealisasi 3.000 ton. Sisanya masih terus diproduksi.

Ia berharap stok gula konsumsi aman hingga Lebaran nanti. "Dengan tersedianya stok gula di pasar, harga gula dapat dipastikan turun dan mencapai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp12.500/kilogram," kata Agus pekan lalu.

Agus bilang pemerintah sudah menetapkan HET gula Rp12.500/kilogram. Jika harga gula pasir dijual lebih tinggi dari harga yang sudah ditetapkan, maka akan lakukan tindakan tegas.

"Untuk itu semua pedagang tradisional maupun retail modern diminta segera mematuhi ketetapan pemerintah dengan tidak mencoba mempermainkan harga sehingga menyulitkan masyarakat," kata Agus. (hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
April 13, 2020 at 11:45AM
https://ift.tt/34wPMOp

Pak Mendag! Harga Gula Belum Juga Turun, Masih Terbang Nih - CNBC Indonesia
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pak Mendag! Harga Gula Belum Juga Turun, Masih Terbang Nih - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.