Search

Lagi, Permintaan China Dongkrak Harga Batu Bara - CNBC Indonesia

Jakarta, CNC Indonesia - Harga batu bara bergerak naik sepanjang pekan ini. Namun perjalanan harga si batu hitam tidak lancar, terjadi fluktuasi.

Pada pekan ini, harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) naik 0,75%. Memulai pekan di US$ 53,6/ton, tertinggi sejak 9 Juni, harga kemudian turun selama dua hari beruntun. Untung tiga hari kemudian harga terus-menerus naik sehingga secara mingguan masih ada kenaikan.


Permintaan dari China lagi-lagu mendongkrak harga batu bara. Sepanjang Juni, batu bara impor yang masuk ke pelabuhan di China mencapai 29,53 miliar ton. Ini menjadi rekor tertinggi setidaknya sejak 2015.

coalPergerakan impor batu bara oleh China (Refinitiv)

Sejumlah data di China menunjukkan bahwa perekonomian Negeri Panda terus membaik setelah dihantam pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). Produksi industri pada Mei 2020 tumbuh 4,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY). Lebih tinggi ketimbang pertumbuhan pada bulan sebelumnya yaitu 3,9% YoY.

Sementara tingkat pengangguran pada Mei berada di 5,9%. Turun sedikit ketimbang bulan sebelumnya yang sebesar 6%.

Kemudian penjualan ritel pada Mei memang masih terkontraksi (tumbuh negatif) -2,8% YoY. Namun kontraksinya menipis dibandingkan bulan sebelumnya yakni -7,5%.

Lalu penjualan mobil pada Mei tercatat 2,19 juta unit, melonjak 14,5% YoY. Penjualan mobil tumbuh positif dalam dua bulan beruntun.

Berbagai data tersebut menunjukkan bahwa roda ekonomi di China sudah berputar lagi, meski dalam laju yang masih perlahan. Namun itu sudah cukup untuk membuat konsumsi energi meningkat, termasuk listrik.

Pembangkit listrik di China didominasi oleh yang menggunakan batu bara sebagai sumber energi. Maka begitu kebutuhan listrik meningkat, kebutuhan batu bara pun ikut terangkat. Dengan posisinya sebagai konsumen batu bara terbesar di dunia, peningkatan permintaan dari China sudah mampu mempengaruhi harga.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Saksikan video terkait di bawah ini:


(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
June 21, 2020 at 09:45AM
https://ift.tt/3dmBrHl

Lagi, Permintaan China Dongkrak Harga Batu Bara - CNBC Indonesia
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lagi, Permintaan China Dongkrak Harga Batu Bara - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.