Search

Corona Buat Konsumen Utamakan Keamanan Dibandingkan Harga - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Program Director Indonesia Brand Forum Yuswohady menyatakan terjadi perubahan perilaku konsumen yang lebih memprioritaskan keamanan produk dan jasa ketimbang harga di masa pandemi virus corona.

Perubahan ini, lanjutnya, akan mengubah cara dunia bisnis memasarkan produk dan jasanya. Katanya, usaha yang bisa bertahan adalah usaha yang mendapatkan kepercayaan (trust) konsumen.

"Langkah pertama yang harus dilakukan (pengusaha) adalah meyakinkan konsumen keamanan, kebersihan, dan higienis terjamin. Kalau sekarang kampanye pakai promosi harga itu blunder (keliru)," katanya lewat video conference pada Kamis (25/6).


Menurut Yuswohady, kesehatan masih akan menjadi pertimbangan utama konsumen. Dia mencontohkan industri penerbangan dan pusat perbelanjaan yang banting harga namun tak berhasil mendatangkan pelanggan.

Dia menilai ini dikarenakan calon konsumen menjadi lebih berhati-hati dan hanya memilih penyedia barang dan jasa yang mampu meyakinkan keterjaminan keselamatan mereka.

"Trust (kepercayaan) akan jadi sangat penting. Kalau dikatakan kualitas, arti kualitas sudah bergeser tidak lagi hanya kualitas produk tapi kualitas terkait higienitas tempat dan pengolahannya," imbuhnya.

Perubahan perilaku lainnya yang ditemukan Yuswohady selama melakukan risetnya yaitu berubahnya piramida kebutuhan di masyarakat. Dengan adanya ancaman resesi, konsumen katanya, menjadi lebih konservatif dalam berbelanja keperluan tidak mendesak.

Ia bilang konsumen cenderung fokus dalam kebutuhan mendasar seperti pangan dan kebutuhan kesehatan. Yuswohady juga menjelaskan dalam memenuhi kebutuhan sekunder pun, ada perubahan mendasar yang mengekor kebutuhan dan tren di era pandemi covid-19.

"Orang fokus ke kebutuhan yang mendasar, contoh untuk kosmetik yang laku sekarang kosmetik alis dan kosmetik mata. Lipstik lagi engga laku. Kebutuhan sandang, pangan, papan, dan kesehatan yang penting," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]

(wel/age)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
June 26, 2020 at 01:31PM
https://ift.tt/38a6l4M

Corona Buat Konsumen Utamakan Keamanan Dibandingkan Harga - CNN Indonesia
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Corona Buat Konsumen Utamakan Keamanan Dibandingkan Harga - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.