Search

Harga Emas Cenderung Turun November 2020 - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tarif listrik dan emas mengalami penurunan harga pada November 2020. Bahkan keduanya dominan menyumbang deflasi, meskipun secara umum Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi 0,28 persen di November 2020.

"Komoditas yang mengalami penurunan harga, antara lain daging sapi, beras, tarif listrik, dan emas perhiasan," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Setianto dalam konferensi pers, Selasa (1/12).

BPS mencatat tarif listrik menyumbang deflasi sebesar minus 0,01 persen pada kelompok pengeluaran perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga. Tercatat, kelompok pengeluaran ini mengalami deflasi minus 0,04 persen.


"Penurunan tarif listrik ini diberlakukan untuk listrik pasca bayar," imbuhnya.

Selain itu, deflasi tarif listrik menyebabkan komponen energi mengalami deflasi sebesar minus 0,11 persen.

"Kalau kita lihat kelompok komponen energi ini terutama disebabkan oleh turunnya tarif listrik untuk pascabayar di bulan November ini," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]

Sedangkan, emas memiliki andil minus 0,02 persen pada deflasi kelompok pengeluaran perawatan pribadi dan jasa lainnya. Kelompok ini, mengalami deflasi sebesar minus 0,23 persen.

BPS mencatat, dari 11 kelompok pengeluaran hanya dua kelompok pengeluaran tersebut yang mengalami deflasi. Sementara itu, kelompok pengeluaran lainnya mencatat inflasi dengan inflasi tertinggi kelompok makanan, minuman, dan tembakau yakni 0,86 persen. 

(ulf/agt)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
December 01, 2020 at 04:42PM
https://ift.tt/2VoMFnY

Harga Emas Cenderung Turun November 2020 - CNN Indonesia
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Emas Cenderung Turun November 2020 - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.