Search

BPH Migas Sangsi Harga Gas Bisa Turun USD6 Mulai April - Medcom ID

Jakarta: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) pesimistis harga gas industri bisa turun sesuai Perpres 40 Tahun 2016 sebesar USD6 per MMBTU mulai April 2020.
 
Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajogio mengatakan pihaknya menerima penugasan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengkaji dan menghitung penetapan biaya distribusi atau dikenal dengan toll fee pada pipa milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN yang jumlahnya mencapai ratusan ruas dalam waktu satu bulan. Seharusnya hal tersebut merupakan tugas kementerian, sedangkan BPH telah mengelola 60 ruas pipa.
 
"Drafnya bilang semuanya jadi tugas BPH, tetapi dikasih waktu satu bulan. Tapi saya bilang enggak mungkin, kan sekarang sudah di pertengahan Februari, sementara targetnya di akhir Maret harus selesai," kata Jugi di Kompleks Parlemen, Senyan, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jugi mengatakan untuk menghitung biaya distribusi pada banyak pipa dengan margin yang benar bukan pekerjaan yang bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Dia bilang ada proses verifikasi belanja modal (capex) dan belanja operasional perusahaan (opex) yang juga melibatkan Kantor Jasa Penilai Publik (KJJP).
 
Namun sayangnya, kata Jugi, PGN tidak pernah memberikan data pengenai capex dan opex pada BPH. Hal ini tentu membuat BPH tidak bisa memberikan perhitungan tarif distribusi yang jelas. Ia bilang dalam menghitung tarif ada kaidah yang mesti diikuti. Ia bilang pihaknya tidak bisa menggunakan metode penghitungan secara asal-asalan.
 
"Pengalaman BPH Migas kalau ingin menetapkan suatu ruas pipa transmisi saja memakan proses agak lama," ujar Jugi.
 
Setelah adanya data capex dan opex, BPH Migas juga melakukan public hearing atau mendengar masukan publik. Ia bilang BPH Migas memberikan kesempatan pada para stakeholder terkait perhitungan mereka.
 
"Kalau BPH Migas menetapkan toll fee seperti ini bagaimana tanggapan mereka, setelah itu baru diputuskan. Sementara ini waktunya sangat pendek untuk menghitung biaya distribusi, bagi kami tidak sanggup," jelas Jugi.
 
Sebelumnya di awal tahun, Presiden Joko Widodo menjanjikan upaya-upaya untuk menurunkan harga gas akan dilakukan hingga tiga bulan atau hingga Maret 2020. Artinya pada 1 April harga gas ditargetkan bisa turun. Saat ini harga jual gas industri di lapangan mencapai USD8-USD9 per MMBTU atau melebihi harga yang ditetapkan pemerintah.
 

(AHL)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
February 19, 2020 at 08:12AM
https://ift.tt/37GvEJQ

BPH Migas Sangsi Harga Gas Bisa Turun USD6 Mulai April - Medcom ID
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BPH Migas Sangsi Harga Gas Bisa Turun USD6 Mulai April - Medcom ID"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.