Search

Toko Online yang Naikkan Harga Tak Wajar Bakal Diblokir - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Menkominfo Johnny G Plate mengklaim platform digital yang beroperasi di Indonesia berkomitmen untuk memastikan harga barang barang tetap dalam jangkauan masyarakat. Menurutnya, platform digital tidak akan membiarkan terjadinya fluktuasi harga yang di luar kendali kala virus corona.
 
"(Platform digital di Indonesia) memastikan bahwa harga-harga tetap di dalam jangkauan masyarakat dan tidak akan membiarkan kenaikan harga atau fluktuasi harga yang di luar kendali," ujar Johnny dalam keterangan pers, Senin (23/3).
 
Johnny menuturkan platform digital telah berkomitmen dengan pemerintah untuk memblokir para penjual barang di e-Commerce yang menjual barang dengan harga yang tidak wajar. Bahkan, dia secara khusus mengingatkan akun atau pedagang untuk tidak menaikkan harga barang kesehatan atau obat di tengah situasi saat ini.
 
"Di samping akan di blokir, akan ada juga langkah-langkah yang terkait dengan penertiban," ujarnya.
 
Lebih lanjut, para platform digital juga berkomitmen untuk memastikan pelayanan akan tetap prima bagi masyarakat. Selain itu, mereka memastikan tersedianya produk-produk yang diperlukan masyarakat saat ini.
 
"Agar demand dan supply terjaga dengan baik," ujar Johnny.
Dalam kesempatan yang sama, Tokopedia mengaku sudah proaktif dengan memblokir puluhan ribu pedagang yang menaikkan harga alat kesehatan di luar batas kewajaran sejak Covid-19 melanda Indonesia. Tokopedia juga mengaku terus menyempurnakan sistem otomatisnya agar arahan pemerintah atas harga barang tetap terjaga.
 
"Kami juga berharap partisipasi dari kita semua melalui fitur laporkan, kami akan standby, kami akan segera memeriksa semua laporan yang masuk dan kami akan ambil tindakan tegas sesuai peraturan yang berlaku," ujar perwakilan Tokopedia.
 
Senada, Bukalapak juga mengaku sudah mengambil tindakan terhadap pelapak yang mengambil keuntungan tidak wajar di tengah situasi saat ini. Mereka mengklaim akan terus memantau dan melanjutkan tegas yang telah dilakukan jika diperlukan.
 
Lebih dari itu, Johnny meminta masyarakat tenang dengan situasi harga yang melonjak tajam beberapa hari belakangan ini. Dia meminta masyarakat  untuk melapor ke platform terkait agar dilakukan koreksi.

[Gambas:Video CNN]


Pelaku Digital Akan Bantu Pemerintah

Johnny menyatakan sejumlah platform memberi dukungan bagi pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona yang menyebabkan Covid-19. Johnny mengatakan hal itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.
 
"Platform digital, baik unicorn atau decacorn di antaranya Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Halodoc, dan Ruang Guru telah memberikan fasilitas dan dukungan dalam gerakan berkerja dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah dari rumah," ujar Johnny.
 
Johnny menuturkan pihaknya mengimbau masyarakat memanfaatkan layanan yang disediakan oleh plalform tersebut secara maksimal. Kemkominfo juga mendorong kegiatan seperti belanja dari rumah, konsultasi kesehatan dari rumah, hingga belajar dari rumah.
 
Lebih lanjut, Johnny meminta operator menjaga kapasitas layanan dengan menyediakan bandwidth yang cukup. Di sisi lain, Johhny mengaku pihaknya akan mengusahakan agar para operator bisa menyediakan fasilitas layanan belajar dari rumah secara gratis bagi para pelajar.
 
"Tidak saja kepada banyak perguruan tinggi yang sudah diberikan. Akan tetapi juga kepada sekolah-sekolah menengah yang saat ini juga membutuhkan sekali dalam rangka belajar dari rumah," ujarnya.

(jps/DAL)

Let's block ads! (Why?)



"harga" - Google Berita
March 24, 2020 at 11:57AM
https://ift.tt/2QDeHKn

Toko Online yang Naikkan Harga Tak Wajar Bakal Diblokir - CNN Indonesia
"harga" - Google Berita
https://ift.tt/2JQM9Kf
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Toko Online yang Naikkan Harga Tak Wajar Bakal Diblokir - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.